Langsung ke konten utama

Festival Budaya (Eksplorasi Cirebon)

Siapa yang gatau Kota Udang? 😅

Yap, tepat sekali! Kota Udang itu adalah Cirebon.
Jadi, Sabtu, 24 Februari 2018, SD Islam PLUS Edu/Prog mengadakan kegiatan Festival Budaya, dimana para siswa menampilkan hasil eksplorasi mereka tentang budaya yang dipelajari. Tahun ini, FesBud nya bertema Sesundaan. Dan kelas SD5 (Ibnu Khaldun Class) mendapat tema tentang CIREBON.

Cirebon ini terletak di Jawa Barat. Yang mempunyai Motto 'Gemah Ripah Loh Jinawi' yang artinya Perjuangan sebagian bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita kesuburan, kemakmuran, dan mulia abadi.

Kami, membuat konsep Museum Kota Cirebon. Ada yang menjadi tour guide, dan ada penjaga stan. Di setiap stan menjelaskan ciri khas dari Cirebon.
.

.
Stan 1 menjelaskan tentang Tari Daerah, Alat Musik, dan Lagu Daerah. Tari Daerah dari Cirebon cukup banyak ada Sintren, Baksa, Topeng Panji, Tayub, dan Ronggeng .
Tarian Sintren adalah tarian mistis dimana penarinya dimasuki oleh roh putri sulasih. Tari topeng panji menggambarkan manusia yang baru lahir penh kesucian, gerakannya penuh kelembutan. Tari Tayub merupakan tari penyambutan tamu agung yang dilakukan tari berpasangan. Tari Ronggeng merupakan tarian unik yang dilakukan oleh 12-20 laki-laki yang didandani dan melakukan gerakan layaknya perempuan.

 Sedangkan alat musik nya terbuat dari genteng dan keramik. Mau tau seperti apa aat musiknya? Main-main ke Cirebon aslinya aja ya 😂 . Selanjutnya lagu dari Cirebon, ada Warung Pojok dan Cirebon Berintan. BERINTAN artinya Bersih, Indah, Tertib, dan Aman.

Stan 2 menjelaskan tradisi, pakaian adat, dan rumah adat.
Pakaian adat Cirebon berbeda loh. Untuk kaum bangsawan dan rakyat biasa menggunakan bahan yang berbeda. Contohnya kami membuat di torso yang di dandani 😂 . Tradisi unik di Cirebon ada Ngapem yaitu membuat apem di bulan Shafar dan dibagikan ke kerabat dekat. Ada juga tradisi Tawurji, dimana para anak laki-laki mengunjungi tempat keramaian dengan meminta sedekah. Sedekahnya bisa berupa uang atau sembako. Ada juga Rebo Wekasan, yaitu tradisi yang dilakukan dengan cara anak laki-laki membaca Al-Qur'an di mushala dan mengunjungi rumah-rumah warga untuk di doakan. Dan terakhir adalah Ngirap yaitu ttadisi yang dilakukan untuk pembersihan dirindari segala salah dengan cara mandi di sungai berramai-ramai.
Rumah adat Cirebon bernama Keraton Kasepuhan yang dibuat oleh Pangeran Cakrabuwana.
.
.
Stan 3 menjelaskan Wisata, Kendaraan, dan Permainan tradisional. Banyak wisata yang terkenal di Cirebon seperti Keraton Kasepuhan, Gua Sunyaragi, Makam Sunan Gunung Jati, Pantai Kejawanan, dan Pasar Batik Trusmi. Nah, untuk permainan di Cirebon ada yang namanya Bebentengan / benteng, dan Cingciripit. Ada juga Dagongan yaitu sejenis olahraga kebalikan tarik tambang, yaitu menggunakan bambu dan cara bermainnya dengan mendorong bambu ke kelompok lawan. Next, Kendaraan Tradisional yaitu Delman atau disebutnya Kahar
.
Stan 4 menjelaskan makanan khas. Ada Nasi Jamblang yaitu Nasi dengan berbagai macam lauk dan dialasi oleh daun jati. Selanjtnya ada Sego Lengko yaitu nasi yang dimakannya bersama sayur-sayuran. Lalu ada juga Kerupuk Melarat yaitu kerupuk berbentuk kotak dengan warna pink, putih, kuning, hijau yang disangrai menggunakan pasir. Lalu terakhir yang paling nimat adalah Tahu Gejrot. .
Kegiatan di tutup dengan membuat Tahu Gejrot  membuat bersama. Serasa Piknik yaa gelar karpet 😂

.
.
Teruslah mempelajari budaya daerah. Karena punahnya budaya disebabkan masyarakatnya yang tidak mau mempelajarinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Udara (Daur Biogeokimia)

  Karangan Persuasi Siklus Udara Oleh : Muhammad Iqbal SD5, SD Islam PLUS Edu/Prog Siklus udara berawal dari asap pabrik, asap mobil, dan napas yang dikeluarkan oleh makhluk hidup mengandung  CO2 dan diserap oleh tumbuhan melalui klorofil tumbuhan. Lalu tumbuhan mengeluarkan O2 yang nanti akan dihirup oleh manusia, dan manusia mengeluarkan CO2 yang akan diserap lagi oleh tumbuhan. Siklus udara disebut juga daur karbon / daur biogeokimia artinya adalah Biologi (Makhluk Hidup), Geografi (Lingkungan), dan kimia/senyawa (CO2 dan O2 ). Karbon dioksida di bumi sekitar 0,0030 % didapat dari : respirasi napas manusia, pembakaran hutan, asap pabrik dan erupsi gunung, jasad makhluk hidup yang diurai oleh dekomposer menjadi batu kapur, arang, dan minyak bumi yang akan digunakan untuk bahan industri/pabrik. Proses Biogeokimia berawal dari tumbuhan yang akan dimanfaatkan oleh lingkungan lalu kembali lagi diserap tumbuhan dalam bentuk senyawa/zat ( CO2 dan O2 ). Dalam tumbuhan a

Tentang Mereka yang Menjadi Penyemangatku

Pernahkah kau merasa sangat nyaman dan cinta terhadap pekerjaan mu? Kalau iya, beruntunglah. Karena kau melakukannya dengan hati yang ikhlas tanpa memperhitungkan imbalan yang kau dapat. Tapi, jika kau tidak merasakannya, mungkin kau harus bertanya lagi pada hati nurani mu, sudah ikhlas kah kamu menjalaninya? atau hanya sekedar tuntutan? Cek lagi niatnya ^^, Setiap episode kehidupan, itu sudah ditulis skenarionya oleh Allah. Tinggal bagaimana kita menjalananinya. Aku selalu percaya bahwa Allah tak akan menempatkan hambaNya di tempat yang salah. Karena Allah selalu tau apa yang terbaik bagi hambaNya. Tapi kadang kitanya saja yang tak pernah peka dengan sinyal yang Allah berikan. Kalau kau bertanya apakah aku sangat menikmati pekerjaanku, aku menjawab dengan mantap 'YA' , bagaimana tidak, ketika sudah waktunya pulang namun aku masih bersantai-santai untuk menunda pulang. Bukan karena aku tak betah di rumah, tapi aku merasa tempat kerjaku adalah rumah kedua bagiku. Kalau kau

Menjadi Guru adalah Panggilan Hati

Impianmu.. Terbangkanlah tinggi.. Tapi slalu pijakkan kaki di bumi.. ~~ Sejatinya, setiap manusia pasti memiliki impian, harapan, dan cita-cita. Tak terkecuali diriku. Sejak kecil,aku sangat ingin menjadi guru. Terinspirasi dari guruku semasa SD, mampu membuatku semangat untuk menancapkan cita-cita tersebut dalam sanubariku. Usaha keras untuk giat belajarpun kulakukan, karena kata guruku, Jadi guru itu harus rajin belajar. Ketika aku SMK pun, aku diminta oleh teman-temanku untuk mengajarkan mereka jelang Ujian Kompetensi Akuntansi. Awalnya aku malu, tapi karena dorongan teman-teman dan aku pun memberanikan diri. Karena menurutku, ini adalah kesempatan ku untuk berlatih mengajar. Aku tidak membantu sendirian, tapi berdua dengan temanku. Di sekolah aku juga sering kali diminta menjadi asisten guru. Menjelang kelulusan SMK , aku memiliki keinginan untuk kuliah. Namun apa daya orang tuaku tidak memiliki biaya. Akhirnya aku pun memutuskan untuk bekerja di sebuah lembaga keuangan un